Langsung ke konten utama

Postingan

Kamu Harus Tahu ! Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membangun Sebuah Komunitas

Membangun komunitas dengan tujuan untuk kebaikan bersama adalah impian setiap orang. Terlebih lagi visi dari suatu komunitas memang diharapkan mampu terlaksana sejalan dengan misi yang telah direncanakan.
Dalam membangun komunitas banyak hal-hal yang harus kita perhatikan dan kita persiapkan. Termasuk juga langkah awal yang akan kita ambil.
Nah, disini kita akan coba sharing dan kupas satu-satu ya. Pemaparan disini adalah berdasarkan pengalaman penulis dan masukan dari beberapa orang yang ditetuakan dan mumpuni dibidangnya.
Banyak orang dalam membangun sebuah komunitas terlalu fokus pada program-program luar biasa yang akan dijalankan sampai lupa satu hal? Apa itu? Yaitu penyatuan persepsi pada setiap anggotanya. Persepsi disini adalah meleburnya asumsi-asumsi untuk perkembangan dan kemajuan yang akan dibangun dalam menjalankan komunitas ini kedepannya--maafkan bahasanya yang sulit dipahami--. Hal ini harus lebih ditekankan dalam menjalankan komunitas yang bergerak pada aspek kegiata…
Postingan terbaru

Cara Membuat Visualisasi Video Musikalisasi Puisi Mudah Untuk Pemula

Di era digital ini para penikmat sastra mulai tertarik dengan bentuk karya yang lebih easy looking, easy listening. Maka visualisasi sebuah karya sastra merupakan hal yang tepat dan mulai banyak di implementasikan oleh para penyair termasuk juga para penulis. Selain untuk mendapatkan banyak jangkauan penikmat, visualisasi sebuah karya seperti video musikalisasi puisi ini juga mulai banyak digeluti oleh orang-orang yang melek peluang.

Video musikalisasi biasanya juga dijadikan konten yang akan mengisi laman instagram, facebook, story whatsapp dan juga laman Channel Youtobe.
Dan di dalam artikel ini kita akan memulai membahas bagaimana cara membuat video musikalisasi puisi. Apa saja yang dibutuhkan dalam membuat video musikalisasi dan bagaimana meningkatkan kuliatas video.
 Hal yang harus disiapkan dalam membuat video musikalisasi adalah 1.Karya yang akan divisualisasikan 2.Aplikasi edit video 3.Backsound pengiring musikalisasi
Ini adalah 3 hal utama yang diperlukan dalam membuat video mus…

Narasi dan Catatan Harian Hari Ini Adalah Satu Tahun yang Lalu

Catatan Asa 💌


;)
Kita sadar bahwa waktu yang berlalu hingga kini berjalan sangat cepat sekali. Setelah semalam kita menemui tangis, tawa, kegagalan dan pengucilan maka pada hari ini juga tidak menutup kemungkinan kita akan mendapati hal yang sama.

Tulisan ini tertuju untuk diriku satu tahun yang lalu. Menjadi hal yang sangat mengharukan bisa berkirim surat dengan diriku sendiri. Kantor pos kami adalah waktu, yang meregangkan namun hakikatnya menguatkan.

Kita berjalan, bertiga, berdampingan. Mengitari sudut kota yang terlalu banyak gang-gang kecilnya. Melewati ruko demi ruko, menyaksikan mereka memaksakan dirinya dengan wajah yang ceria berharap ada rajanya yang datang menghampiri. Kita tertawa, saat sudah sadar ternyata sudah mengitari hiruk pikuk kota kecil ini dan kembali pada titik yang sama.

 {gambar tahun 2015(gambar hanya ilustrasi narasi), saat kegiatan Pertikara Daerah Sumatera Utara tahun 2015}

Catatan Asa

Sesakali melirik orang-orang yang lalu-lalang di tepi jalan dengan membawa t…

Catatan yang Tidak Akan Pernah Dibukukan

Catatan Asa-

Aku ingin lebih membentangkan buku catatan di hadapan cakrawala. Mengukir kisah perjalanan disaksikan semesta.
Aku akan terus berjalan meski tak ada yang mengiringi
Aku akan terus bercerita meski tak ada yang mendengarkan

Kita akan sampai pada fase memilukan
Bertemu dengan orang-orang yang menyukaimu dengan keburukanmu
Berjalan pada fase berbeda pendapat dengan orang-orang disekelilingmu.
Semua tentangmu, karna sekarang kamu adalah bahasa Radikal dimata mereka

Hahaa Aaaaa

Kamu yang belum biasa menjalani semua ini
Merasakan sebuah perasaan yang sangat ganjil kamu rasakan.
Rasanya hatimu seperti tertusuk benda tajam, sobek, darah mengalir dari hatimu, bertubi-tubi, lalu diberi siraman air cuka.

Entahlah, kamu menafsirkan perasaanmu saat itu seperti sangat hiperbola.
Tapi jujur sebenarnya semua itu belum cukup mendefinisikan rasa sakitmu.

Kamu mulai berjalan tertatih dengan hati yang sobek sana sini
Mulut tak lagi sanggup menyuarakan hal-hal yang perih.

Kamu sampai pada masa
d…

Benih Hujan yang Kautanam di Hatiku

Puisi tentang Hujan Karya : Wanika


Kau tahu kenapa aku suka memandang langit?
Dalam bentangan indah yang Tuhan ciptakan,
Syukur dan ketenangan tak luput dari hati dan pandangan

Aku juga selalu berharap, agar kelak,
                              bisa memadang langit indah ini ditemani
                              hangatnya genggaman tanganmu

Saat ini, Sesekali aku juga sering menitipkan pesan pada langit
Kiranya langit sampaikan rinduku kepadamu

Cerita langit dimalam hari selalu ku tunggu
Sebagai pengantar tidur yang lebih dahsyat dari dongeng ibu
Terkadang langit bercerita tentang apa saja
                              yang kau lakukan dari pagi hingga petang

Walaupun begitu, kau tak perlu resah,
                              karna langit hanya mengetahui apa yang kau
                              lakukan tidak dengan apa yang kau rasakan.

Kau ingat hujan kemarin malam?
Aku dan kamu bertemu dalam perbatasan gerbang mimpi

Pada hujan es malam ini,
Kau tidak datang menemaniku mengumpu…

Cerpenmu. Juni Milik Sura

Bukankah hari ini sama dengan hari sebelumnya? Aku selalu membatin dalam diri. Tidak, hari ini akan berbeda. Aku melangkahkan kaki melewati gerbang sekolah. Berjalan melalui koridor dan berhenti di depan sebuah ruangan yang bertuliskan "Headmaster's Room".  Dari depan pintu ini Aku langsung bisa menyaksikan seorang lelaki paruh baya dengan tubuh yang sedikit gempal, ia mengenakan seragam batik tumbuhan warna biru dengan warna dasar putih. Wajahnya terlihat begitu menakutkan ditambah kacamata petak yang menghiasi matanya, semakin menguatkan aura kharismatik dalam dirinya. " Tok.. Tok.. Tok" Suara pintu yang kuketuk membuat laki-laki itu menoleh ke arah pintu. "Silahkan masuk" Jawabnya dengan dingin. 

 Tanpa ragu Aku mengikuti perintahnya untuk masuk dan duduk dikursi yang berada dihadapannya setelah laki-laki itu mempersilahkan. "Jadi nama kamu adalah Sura Widianto. Baiklah hari ini kamu akan masuk di kelas VII B. Oh iya sebelumnya, ka…

Apa Saja Kegiatan Kamu di Malam Ahad? ; Berikut adalah Tips yang bisa Kamu Lakukan untuk Mengisi Malam Ahad Kamu yang Indah.

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh,
Sumber gambar : Google (Pemandangan langit senja)

Hai-hai…  Biasanya kalau malam ahad begini temen-temen lagi ada ngaain sih? Kayaknya semua lagi pada rame tentang resolusi 2019 menghadapi 2020 ya? Begitu bukan sih?
Apasih yang terbayang di benak temen-temen semua jika dikatakan “Tahun 2020”? Hmmmm.. maaf ya banyakan pertanyaan nih jadi lupa tadinya mau bahas apaan. Gimana sih perasaan temen-temen kalau diperintahkan untuk bercerita panjang kali lebar sama dengan luas tanpa ada tema atau sub pembahasan yang akan disajikan. Jadi semua itu pure dari kamu, kayak ngalir aja gituu.. :’) Kira-kira kalian akan cerita tentang apa ya? Waktu kalian untuk bercerita itu 3 jam. Coba bayangkan yaaaaa… tapi gak usah dipikirkan. Hahahah gimana sih..
Pertanyaan terakhir, kalau diberikan waktu pada teman-teman untuk sehari saja tidak berpikir, kira-kira temen-temen sekalian mau ngapain sih?. Nah, temen-temen yang mau jawab bisa bersuara di kolom komentar ya. …